Tips Dan Trik Saat Mengalami Kelelahan Saat Berkendara Kendaraan Bermotor

Menurut sebuah riset data kecelakaan berlalulintas, menyatahakan bawha sekitar 20-25 persen kecelakan serius dan fatal di jalan raya disebabkan Karena pengemudi mengalimi kelelahan, yang mana menjadikan pengemudi tersebut kuran awas dengan kondisi jalanan sekitarnya, dan juga kemampuan bereaksi yang kurang. Dan resiko yang dialami seringkali tabarakan di jalan, baik itu menabrak kendaraan yang ada di depan atau bahkan kadang ada juga yang menabarak pembatas jalan.

pengendara mengantuk saat menyetir mobil

pengendara mengantuk saat menyetir mobil

Menurut Neil Wort dari organisasi keselamatan Jalan GEM Motoring Assist “Akibat dari kecelakan yang disebabkan oleh kelehan, 50% diantaranya meninggal dunia, pengendara yang mengantuk tertidur di kendaraan, tak akan bisa mengubah arah dan mengurangi kecepannya saat kendaraan yang di gunakan melaju untuk menghindari kecelakaan”.

Menurut Neil Worth ada beberapa tanda-tanda pengemudi yang mengalami mengantuk ataupun kelelahan saat berkendara,diataranaya,mulai gelisah,sulit focus saat mengemudi, sering menguap dan juga meggosok-gosok muka agar tidak mengantuk. Saat gejala lelah semaik parah, para pengemudi kendaraan akan semakin sulit untuk focus pada jalanan, dan akibatnya kendaraan yang di kendarai bisa bergerak sendiri, kadang belok ke kanan atau ke kiri tanpa disadari oleh pengendara tersebut. Selain itu pengendara kendaraan tersebut juga tidak bisa menstabilkan kecepatannya.

mobil masuk jurang akibat sopir mengantuk

mobil masuk jurang akibat sopir mengantuk

Oleh sebab itu, Neil Worth juga memberikan  beberapa Tips agar pengemudi terhindar dari kecelakaan,diantaranya :

  1. Tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan panjang, hindari beraktifitas lebih sebelum ada melakukan perjalanan yang panjang, lebih baik istirahat agar tubuh anda kembali fit saat mengemudi kendaraan
  2. Atur jam istirahat dalam perjalanan, ketika anda melakukan perjalanan panjang yang menghabiskan waktu hingga 6-8 jam, sebaiknya adan mekaljukan istirahat 15 menit sekali seitap dua jam, saat istirahat anda bisa lakukan peregangan tubuh, minum segelas kopi dan juga basuh muka, agar lebih fresh lagi, saat melanjutkan perjalanan
  3. Apabila perjalanan yang dilalui memakan waktu sepanjang hari, istirahatlah selama satu jam di tengah hari. Bisa anda lakukan di rest area atau pom bensin terdekat.
  4. Apabila andamelakaukan perjalanan jauh, alangkah baiknya jangan pergi sendirian, carilah teman untuk perjalanan anda, bisa untuk teman ngobrol di jalan dan juga bisa untuk saling mengingatkan apabila merasa mengantuk, dan memperhatikantanda-tanda kelelahan. selain itu juga bisa bergantian mengemudi saat mengalami kelelahan.
  5. Jangan memakasakan perjalanan malam hari, dan apabila terpaksa anda melakukannya dilamalam hari untuk menghindari kemacetan, maka istirahatlah yang cukup agar tubuh anda fit saat mengendarai kendaraan.

    istirat di rest area sangat disarankan apabila mengantuk

    istirat di rest area sangat disarankan apabila mengantuk

Itulah beberaoa tips dan tips saat mengantuk saat mengendarai kendaraan dari Neil Worth

Sumber Detik otomotif

Tags: #ngantuk istirahat #tips menghindari kelelahan #tips perjalanan jauh #tips saat kelelahan dalam mengendarai mobil

author
Author: 
Solusi Cepat Kebuthan Dana Anda! Cukup Jaminan BPKB Mobil. Proses Cepat Syarat Mudah Bnga Ringan Bsa Take Over Pasti Cair. Lucky 085288243776 WA 085643575928

Leave a reply "Tips Dan Trik Saat Mengalami Kelelahan Saat Berkendara Kendaraan Bermotor"

Must read×

Top