Tips Terbaik Mengatasi Mobil Saat Terkena Banjir Di Jalan Raya

Akhir-akhir ini cuaca di daerah Ibukota Jakarta sudah mulai diguyur dengan hujan, terlebih untuk wilayah Jakarta selatan. Beberapa waktu lalu salah satu daerah elit yang berada di Jakarta selatan  yaitu daerah Kemang kebanjiran. Dimana daerah tersebut nsagat jarang sekali terkena banjir.

MOBIL YANG TERENDAM BANJIR DI KEMANG

MOBIL YANG TERENDAM BANJIR DI KEMANG

Dengan kejadian tersebut, banyak mobil dan kendaraan lainnya terendam oleh air, ada yang terendam hanya sampai roda saja, dan ada juga yang terendam hingga seluruh bodi mobil.

Seringkali terjadi di daerah kota-kota besar khususnya di Jakarta, bila musim hujan tiba, akan banyak sekali kita temui jalan-jalan yang tergenang oleh oleh air hujan. Bila anda mengendarai mobil kategori sedan, hidari jalanan yang air nya meluap hingga 30 Cm, karena otomatis apabila anda tetap memaksakan untuk menerjang air tersebut, maka air tersebut akan masuk ke Mesin mobil anda. Lebih baik anda menepi dan memenunggu sampai genangan air menyusut.

Dan jika anda mengendarai mobil yang lebih besar, kategori SUV atau Jeep Misalnya,boleh tetap menerjang banjir, akan tetapi anda juga harus hati-hati, selalu waspada pada ketinggian air,periksalah keadaan sekitar sepeerti ketinggian pohon dan rumah, karena bisa saja air akan terus bertambah ketinggiannya.

MOBIL TERENDAM OLEH BANJIR DI JALAN

MOBIL TERENDAM OLEH BANJIR DI JALAN

Jika anda sedang dalam perjalanan dan terjebak di genangan air yang tinggi, lajukan kendaraan anda pada gigi terendah dan jaga putaran mesin di sekitar 2.000 rpm.

Lalu matikan AC, disaat terkena banjir, dan nyalakan kembali AC apabila anda sudah terlepas dari Genangan Banjir. Mematikan Ac disaat terkena Genangan banjir sangat berguana, karena kipas yang memutar AC tidak bisa menyebarkan air ke berbagai piranti di mesin dan juga di dalam kap mobil.

Dan ingat  selalu perhatikan intake mesin mobil dan knalpot, hindari jangan sampai terendam banjir. Apabila itu terjadi maka air otomatis akan masuk ke mesin melalui knalpot dan menyebabkan mobil anda mogok di jalan.

Karena mobil yang dipaksa menyala dalam keadaaan terendam oleh air, seringkali mobil tersebut akan mengalami water hammer. Dimana berakibat fatal pada mesin mobil anda, biasaya kerusakannya akansangat parah dan juga akan sulit untuk dikembalikan ke kondisi normal kembali.

Jika dirasa kondisi di jalanan semakin parah, dimana genangan air semakin tinggi, alangkah baiknya anda mengambil langkah darurat. Segera anda menepi dan mematikan mobil. Lalu cabut kabel kelistrikan  atau kabel aki yang ada di cap mesin, hal ini untuk menghindari adanya korslet pada bagian control engine.

Setelah banjir surut alangkah baiknya periksakan kendaraan ke bengkel kepercayaan anda, apabila anda memiliki asuransi kendaraan, cek polis asuransi anda, apakah polis tersebut juga bisa mengclaim atau mengganti kerusakan kendaraan apabila kendaraan anda rusak disebabkan oleh banjir?

MOBIL MOGOK YANG DI DEREK

MOBIL MOGOK YANG DI DEREK

Agar mobil anda bisa diclaim oleh pihak asuransi, ketika mobil anda terkena banjir mesin mobil anda jangan dihidupkan. Karena dengan tidak menyalakan mesin saat banjir, maka akan mengurangi kerusakan pada mobil sampai 60%. Lebih baik anda menghubungi jasa Derek untuk mengangut mobil anda ke bengkel.

lihat juga Yamaha Motor Indonesia Luncurkan Motor Baru

sumber detikotomotif

Tags: #cara mengatasi mobil yang kena banjir #tips agar mesin mobil aman saat banjir #tips menghindari banjir #tips merawat mobil setelah banjir

author
Author: 
Solusi Cepat Kebuthan Dana Anda! Cukup Jaminan BPKB Mobil. Proses Cepat Syarat Mudah Bnga Ringan Bsa Take Over Pasti Cair. Lucky 085288243776 WA 085643575928
Inilah Penyebab Ban Motor Cepat Botak
Inilah Penyebab Ban Motor Cepat Botak
Ban motor cepat botak. Pada umumnya produsen

Leave a reply "Tips Terbaik Mengatasi Mobil Saat Terkena Banjir Di Jalan Raya"

Must read×

Top